extonan akan coba pasang safelink biar bisa bayar serper karena duitnya g cukup h3h3h3.

Ayo belajar coding: Sejarah Web Lama extonan

Pada awalnya tontonanime.com atau yang sering disebut dengan tonan adalah sebuah grup penerjemah anime yang berdiri sejak 2014. Namun, mereka akhirnya memutuskan untuk membubarkan diri setelah 3 tahun dikarenakan masalah kepengurusan dan tidak adanya dana untuk pembiayaan server. Dua tahun kemudian pada tahun 2019, beberapa anggota ingin membentuk kembali grup fansub tersebut. Awalnya, mereka memutuskan untuk menggunakan kembali nama tontonanime. Namun, ada suatu kesalahpahaman antara mantan anggota fansub. Selain itu, akses akun untuk domain tontonanime.com sudah tidak dapat diakses sehingga tidak bisa digunakan kembali. Terlebihnya lagi, source code untuk website lama tontonanime.com juga sudah hilang tidak diarsipkan. Di sinilah saya tersadarkan akan pentingnya pengarsipan. Oleh karenanya, untuk membantu rekan penerjemah extonan dalam membuat subtitle pada anime, saya memutuskan membangun website sederhana untuk sharing hasil terjemahan para staff. Setelah melalui beberapa diskusi, akhirnya nama extonan (yang berarti ex-tontonanime) pun dipilih sebagai nama fansub ini dan pengembangan web nya pun dimulai.

Tahun 2019 itu adalah pertengahan saya kuliah ilmu komputer. Dengan pengetahuan yang saya dapat waktu itu, saya memilih Laravel 6 sebagai framework yang digunakan karena pada saat itu (dan saya rasa, hingga saat ini), Laravel masih cukup populer dan banyak digunakan. Saya mengandalkan PHP dan beberapa HTML/CSS untuk membuat fungsionalitas yang dibutuhkan. Namun, saat ini untuk Laravel versi 6 sudah sampai pada End of Life (EOL) dan tidak disarankan lagi untuk digunakan. Saya rasa sudah saatnya menampilkan masa lalu saya yang kelam dengan membuat akses source code untuk web lama extonan menjadi publik. Kalian bisa akses source code nya di sini. Bagi yang kangen, preview web lama dapat diakses melalui Wayback Machine.

Website yang lama itu memang sangat sederhana, hanya berisikan manajemen user, CRUD, dan searching saja. Saya juga tidak menyarankan kalian mencoba menggunakan Laravel 6 saat ini karena sudah EOL. Silakan pelajar versi Laravel yang terbaru. Untuk mengetahui versi terbaru Laravel, bisa di lihat di sini. Saya juga dulu pernah remake website extonan namun saya sudah pindah dari JQuery jadi Vue.JS. Karenanya, website prototipe tidak diselesaikan.

Saat ini, saya memerlukan bantuan teman-teman yang paham tentang Laravel, Vue.JS, Javascript, atau yang paham mengenai Desain untuk membantu mengembangkan salah satu project internal kami yaitu Shinrai. Bagi kalian juga yang ingin diskusi baik itu tentang fansub, ACG (anime, komik, gim), coding, atau yang lainnya, jangan lupa untuk masuk ke server Discord kami. Terlebih juga bagi yang tertarik untuk membantu mengembangkan Laravel namun masih belum bisa, saya dapat membantu kalian mengarahkan bagaimana caranya belajar Laravel dan PHP. Jika memang ramai kita bisa nonton bareng tutorial/kelas online bagi kalian yang ingin belajar.

Saya rasa begitu saja yang ingin saya sampaikan. Semoga website ini tetap exist dan kalau memang tidak ada yang donasi, semoga isi dompetnya para staff cukup-cukup saja membayar server web dan server encodingnya.


Recommendations

Dikarenakan rilisan Gintama itu sangat melelahkan, dari terjemahan, edit, sampe tata rias itu dikerjakan sendiri, maka saya, penerjemah Gintama ingin meminta kesediaan penonton untuk donasi rilisan ini, agar saya bisa…

Bagi kawan-kawan yang menjadi korban pemblokiran Kominshit, salah satu cara yang dipakai untuk bypass adalah dengan menggunakan DNS (Domain Name Server) yang terenkripsi, biasa disebut DNSCrypt-server. Banyak penyedia DNSCrypt-server seperti…

Comment